FORIKAN se-Kec Sumowono

Umum

Pada hari Kamis, 8 September 2022 diselenggarakan acara Sosialisasi dan Pembentukan Forum Peningkatan Konsusmsi Ikan (Forikan ) Tingkat Desa Se-Kecamatan Sumowono. Acara berlokasi di Aula Kecamatan Sumowono, dihadiri sekitar 30 orang dari Ketua Forikan desa-desa se kecamatan Sumowono, TP PKK Kecamatan Sumowono, Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan Kab Semarang, serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Semarang yaitu Ibu Ninik Wahyuni dan Ibu Jum (Pokja 3).

FORIKAN merupakan suatu wadah yang terdiri dari berbagai macam stake holder sebagai upaya peningkatan peran sektor perikanan dan kelautan dan menyukseskan gerakan memasyarakatkan gemar makan ikan.  Di Kecamatan Sumowono sudah dibentuk Forikan sejak Tanggal 5 Mei 2015, berdasarkan SK Kecamatan Sumowono no 523/005/2015. Pembentukan Forikan ini kemudian ditindaklanjuti dengan pembentukan Forikan tingkat Desa se Kecamatan Sumowono yang dikukuhkan Pada Tanggal 8 September 2022.

Dalam acara sosialisasi dan pembentukan Forikan tingkat Desa Se-kecamatan Sumowono, juga  diisi demo olahan ikan berupa Siomay Ikan oleh tim narasumber dari Poklahsar Sumber Rejeki, Kesongo Tuntang.  Para peserta dari Ibu-ibu PKK Desa sangat antusias dan berharap bisa menjadi contoh dalam pembuatan menu PMT pada kegiatan Posyandu.

Forikan tingkat Desa yang sudah dibentuk, diharapkan bisa bekerja untuk lebih meningkatkan angka konsumsi ikan di masyarakat desa, sehingga meningkatakan asupan gizi terutama anak-anak dan bisa menurunkan angka stunting.

Adapun sebelum pelantikan dilaksanakan terlebih dahulu Bimbingan Teknis Pengolahan Ikan. Mengingat bahwa asupan ikan tergolong lebih terjangkau daripada protein dari daging merah namun dengan kandungan protein yang sama baiknya, hal tersebut sangat mendukung upaya penanganan stunting di Kecamatan Sumowono. (kusma2022)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.