Pembinaan Sekolah Sehat

Umum

Camat Sumowono sebagai Ketua Tim Pembina dalam Upaya Kesehatan Sekolah melaksanakan fungsinya dalam melaksanakan pembinaan Sekolah Sehat. Pembinaan Sekolah Sehat adalah usaha menciptakan kondisi lingkungan sekolah yang sehat, bersih dan asri yang dapat mendukung proses pendidikan yang mencakup sehat jasmani, rohani, sikap dan perilaku warga sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar mencapai hasil yang optimal baik dari segi pengetahuan, keterampilan.
Sebelumnya disampaikan bahwa di Kecamatan Sumowono telah memiliki terlebih dahulu Surat Keputusan Camat bagi personil yang ditunjuk dalam tim pembina Upaya Kesehatan Sekolah dengan berdasarkan pada Peraturan yang menjadi pegangan dalam pengembangan upaya kesehatan sekolah adalah Peraturan Bersama 4 (empat) Menteri no.81 tahun 2014 tentang Pembinaan dan Pengembangan Upaya Kesehatan Sekolah dan Madrasah.
Dalam peninjauan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Agustus 2022 tersebut, Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sumowono telah memiliki ruang UKS dengan ukuran 12 m2 yang berfungsi sebagai tempat untuk penanganan dini peserta didik yang mengalami gangguan kesehatan di sekolah. Di dalamnya terdapat perlengkapan 1 tempat tidur periksa lengkap dengan bantal dan sprei, 4 tempat tidur lengkap dengan kasur, sprei, bantal dan selimut, 1 Thermometer, 1 Tensi meter, 1 lemari obat, 1 snellen chart, 2 tempat cuci tangan, 2 korden. Buku tamu, buku berobat/rujukan, buku kunjungan siswa ke UKS, buku inventaris alat dan obat, buku rapat/ agenda rapat, surat masuk dan keluar, laporan tengah tahun serta laporan tahunan. Di dalam Upaya Kesehatan Sekolah sendiri juga dapat masuk kegiatan pramuka dan kegiatan dokter kecil untuk meningkatkan peran serta pelajar dalam meningkatkan kesehatan.
Program UKS mencakup kegiatan aktivitas fisik (peregangan disekolah), sarapan dengan menu sehat, menerapkan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), buku raport kesehatanku untuk gerakan literasi, pembinaan kantin sekolah dengan menyediakan menu sehat serta melakukan kegiatan PSN 3M Plus di lingkungan sekolah dan rumah dengan sasaran pelaksanaan UKS adalah peserta didik di sekolah/satuan pendidikan luar sekolah, Guru, Pamong Pelajar, Pengelolaan Pendidikan lainnya, Pengelola Kesehatan, dan masyarakat.
Trias UKS adalah tiga tugas pokok yang wajib dijalankan disetiap sekolah yang memilki UKS sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan. Didalam Trias UKS itu sendiri terdapat tiga kegiatan yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat.
Pertemuan pembinaan membahas mengenai strategi program tim pembina upaya kesehatan sekolah dalam pembinaan dan pengembangan upaya kesehatan sekolah dan madrasah untuk mewujudkan kesehatan masyarakat, khususnya sekolah yang sehat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sumowono yang akan mengikuti penilaian lomba Sekolah Sehat tingkat Kabupaten Semarang pada tanggal 24 Agustus 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.