Siaga Bencana Berbasis Masyarakat

Umum

Pada hari Kamis, 15 September 2022 dalam rangka peningkatan skill dan kemampuan relawan PMI Kecamatan yang terus dilakukan sebagai upaya mendukung pelayanan maksimal kepada masyarakat. Kompetensi dasar yang wajib dimiliki oleh relawan PMI yakni ilmu pertolongan pertama secara paripurna, dimana pertolongan pertama sangat dekat dalam kehidupan sehari-hari.
Ketua PMI Kecamatan Sumowono, Cholid Mawardi, SH, MM menyampaikan dalam sambutan bahwa, peningkatan skill dan kapasitas relawan PMI mutlak dan terus dilakukan dalam rangka mendukung pelayanan respon cepat bilamana terjadi keadaan darurat dilingkungan. Kelihatan sepele, namun jika hal tersebut tidak dibekali dengan pengetahuan yang cukup serta bagaimana cara penanganan yang cepat dan tepat maka akan berdampak lain. Seperti yang dilakukan oleh Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI Kecamatan Sumowono yang belum lama ini menggelar pelatihan lanjutan pertolongan pertama. Upaya peningkatan kapasitas Tim Sibat terus dilakukan sehingga menjadi tim yang tangguh dan profesional. Berbagai kebutuhan relawan Sibat terus diupayakan untuk terpenuhi dengan harapan dapat mendukung proses pelayanan kepada masyarakat. Harapannya sinergitas yang terbangun bersama PMI Kecamatan Sumowono dan PMI Kabupaten Semarang terus berjalan dengan baik untuk berbagai pelatihan lanjutan bagi Tim SIBAT. Saat ini komposisi yang terbagun dari Tim SIBAT Kecamatan Sumowono terdiri dari anggota lama dan regenerasi yang baru, sehingga saling melengkapi.
Sementara itu Relawan Tim SIBAT Kecamatan Sumowono, Eko Sudarmo menyampaikan bahwa, anggota Tim SIBAT Kecamatan Sumowono saat ini dalam kondisi siap sedia dan siap berdaya guna ditengah masyarakat. Adanya pelatihan ini diharapkan dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan dan skill bagi anggota, sehingga lebih mapan dan cepat melayani masyarakat. Dengan komitmen yang kuat serta sinergitas yang terbangun baik dengan stake holder terkait diharapkan sumbangsih dan peran serta Tim SIBAT Kecamatan Sumowono dapat optimal sebagai garda depan pelayanan kemanusiaan.
Dalam pelatihan tersebut peserta dibekali dengan berbagai materi teknis dan prakter pertolongan pertama dari fasilitator PMI Kabupaten Semarang.
Beberapa materi tersebut diantaranya, penilaian, Bantuan Hidup Dasar, Perdarahan dan syok, CJL, CSOR, luka bakar, keracunan, kedaruratan medis, cidera kepala, pemindahan dan ICS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.